Kenapa CPC AdSense di Bulan Januari Menurun Drastis?

SEW0RD.COM, SPECIAL WORDHari ini, 27 Januari 2018, saya yakin banyak blogger / publisher AdSense yang sedang merasa resah dan gelisah karena CPC AdSense-nya tidak kunjung meningkat setelah mengalami penurunan drastis sejak awal bulan Januari.
Tidak sedikit pula yang masih bingung dan tidak habis pikir kenapa CPC AdSense bisa menjadi mengenaskan seperti ini.
Nah bagi sobat yang sedang mengalami hal tersebut, saya ingin sedikit memberikan penjelasan sesuai dengan apa yang saya ketahui mengenai penyebab kenapa CPC AdSense bisa menurun secara drastis seperti ini.

CPC AdSense menurun di Bulan Januari Adalah Normal

Bagi sobat blogger yang sudah menjadi publisher AdSense selama bertahun-tahun pasti tahu kalau menurunnya CPC AdSense di bulan Januari adalah hal yang sudah biasa terjadi.
Jadi bagi yang baru pertama kali mengalami hal seperti ini, mulai sekarang tidak perlu resah dan gelisah lagi karena penurunan CPC AdSense ini terjadi setiap tahun dan dialami oleh hampir semua publisher AdSense.
Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, apa sebabnya?

Penyebab CPC AdSense menurun di Bulan Januari

Penyebabnya adalah karena bulan Januari bukan bulan yang bagus untuk pemasang iklan. Alasannya karena banyak orang yang sudah menghabisakan uangnya di bulan Desember.
Di bulan Desember ada yang namanya Hari Belanja Nasional, Hari Natal, dan juga Perayaan Tahun Baru. Wajar jika banyak orang yang menghabiskan uang di bulan tersebut.
Karena alasan tersebut, di bulan januari para pemasang iklan di Google AdWords akan melakukan tiga hal berikut:
1. Menurunkan Budget Iklan Harian
Di Google AdWords, pemasang iklan dapat menentukan budget/anggaran harian untuk iklan yang mereka pasang.
Misalnya di bulan-bulan biasa pemasang iklan menetapkan budget iklan harian sebesar Rp1 juta, di bulan januari diturunkan menjadi 500ribu saja.
Hal tersebut akan menyebabkan iklan yang mereka pasang jarang ditampillan di situs-situs yang terdaftar di Google AdSense.
Semakin sedikit jumlah iklan yang ditampilkan, semakin rendah harga lelang iklan. Semakin rendah harga lelang iklan, semakin rendah CPC AdSense.
2. Menurunkan Harga Lelang Iklan
Selain menurunkan budget, pemasang iklan juga bisa menurunkan max CPC bid dari iklan yang mereka pasang.
Max CPC bid di sini maksudnya harga maksimal yang bersedia mereka bayarkan untuk setiap klik dari iklan yang mereka pasang.
Misalnya di bulan-bulan biasa pemasang iklan menentukan max CPC bid sebesar Rp2000, di bulan Januari mereka bisa menurunkannya menjadi Rp1000.
Penurunan max CPC bid ini secara langsung berdampak kepada menurunnya CPC AdSense.
3. Menonaktifkan Kampanye Iklan
Selain menurunkan budget harian dan menurunkan harga lelang iklan, pemasang iklan juga dapat menonaktifkan kampanye iklan mereka di Google AdWords.
Itu artinya pemasang iklan tidak memasang iklan sama sekali di Google AdWords pada bulan januari.
Hal tersebut tentunya akan menyebabkan jumlah iklan yang tersedia menjadi semakin sedikit. Semakin sedikit jumlah iklan yang tersedia, semakin rendah harga lelang iklan. Semakin rendah harga lelang iklan, semakin rendah CPC AdSense.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah, mulai sekarang sobat tidak perlu bingung-bingung lagi karena CPC AdSense menurun, apalagi sampai patah semangat untuk ngeblog.
Semoga setelah bulan Januari berkahir, CPC akan meningkat kembali dan kita semua bisa merasakan penghasilan yang gurih dari Google AdSense. Aminn…
Sekian dan terima kasih.
Jangan lupa komen
dan juga share
baca dulu baru komen
kalau share doang tidak perlu baca dulu.
Loading...
settia
Share on Google Plus

Tentang Kami Romadhon Online

Seword.Com - Special Word Media Adalah Sebuah Blog Online Yang Membahas Berbagai Macam Topik Atau Berita Yang Sumber Informasinya Berasal Dari Berbagai Media Online Terpercaya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar