6 Cara Dapat Uang dari YouTube yang Sudah Terbukti

SEW0RD.COM, SPECIAL WORDMemangnya ada cara dapat uang dari YouTube yang terbukti jitu? 
Sejak beberapa tahun ke belakang, peluang untuk mendapatkan penghasilan tinggi dari YouTube memang tampak menjanjikan. 
Terbukti dari munculnya nama-nama yang mendadak tenar dan kaya berkat menjadi YouTuber. Sebut saja Ria Ricis, Atta Halilintar, Rachel Goddard, dan sejumlah konten kreator lainnya. 
Beberapa orang menjadikan YouTube sebagai sumber penghasilan sampingan. Namun, tak sedikit pula yang menjadikannya sebagai mata pencaharian utama. Tak sedikit yang berhasil dan berakhir tajir, tak sedikit pula yang gagal mengeruk keuntungan dari YouTube.
Meski begitu, ada banyak cara dapat uang dari YouTube yang bisa kamu coba. Jika dilakukan dengan tepat, bukan tak mungkin YouTube jadi ladang uang yang bisa kamu andalkan. 
Mau tahu apa saja caranya? Cek ulasannya berikut ini. 
1. Menggunakan Google Adsense
Lagi asyik-asyik menonton video di YouTube, tiba-tiba muncul iklan. Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan hal tersebut, bukan? Itulah salah satu bentuk monetisasi video yang menghasilkan pundi-pundi rezeki bagi pemilik akun YouTube. 
Membuat akun YouTube bukanlah hal yang sulit. Hanya perlu mendaftar menggunakan akun Google, seperti Gmail, maka dalam hitungan menit, kamu sudah bisa memiliki channel YouTube sendiri.
Namun, untuk menjadikannya sumber penghasilan, bisa dibilang gampang-gampang susah. Termasuk, untuk memasang iklan melalui Google Adsense. 
Pertama, kamu harus memiliki konten yang memenuhi kriteria pemasangan iklan, yaitu konten yang tidak bersifat kontroversial, tidak menampilkan produk atau zat berbahaya, seperti narkoba, serta bebas dari unsur kebencian dan kekerasan. 
Selanjutnya, kamu harus mendaftar dan diterima di dalam program partner YouTube (YPP), dengan cara sebagai berikut:
  1. Login ke YouTube
  2. Pilih Creator Studio pada ikon akun-mu.
  3. Pilih Status dan Fitur pada menu Channel.
  4. Di bagian “Monetisasi”, klik Aktifkan.
  5. Ikuti petunjuk pada layar hingga selesai.
Untuk dapat mengajukan monetisasi video, kamu harus mendapatkan minimal empat ribu jam waktu tonton dalam 12 bulan dan setidaknya memiliki 1.000 subscribers. Tanpa ketekunan dan kesungguhan, cara dapat uang dari YouTube melalui pemasangan Google Adsense akan sulit diwujudkan.
2. Mendaftar program afiliasi
Melalui akun YouTube, kamu juga bisa mengikuti program afiliasi alias kemitraan dengan brand-brand tertentu. Tak sedikit perusahaan yang menawarkan program afiliasi kepada para pembuat konten YouTube untuk mempromosikan produk atau layanan yang dibuat.
Secara sederhana, program afiliasi hampir sama dengan program sponsor. Semakin banyak penonton yang tertarik dengan produk atau jasa yang dipromosikan, semakin banyak komisi yang akan kamu dapatkan. Perhitungannya dapat dilihat berdasarkan jumlah klik pada iklan afiliasi yang ada pada konten videomu. 
Salah satu yang bisa kamu coba adalah program afiliasi Lazada. Lazada menawarkan komisi hingga 10 persen dari setiap pesanan yang dihasilkan. Pendaftarannya bisa dilakukan dengan mudah, tanpa dipungut biaya. Tertarik?
3. Memasang media iklan selain Google Adsense
Cara dapat uang dari YouTube melalui Google Adsense memang terhitung tak mudah, namun bukan berarti kamu jadi tak bisa memasang iklan sama sekali di akun YouTube-mu. 
Selain Google Adsense, masih ada beberapa alternatif adsense yang cukup populer dan bisa memberi pemasukan. Misalnya, AdRev, VidGenX, dan Fullscreenmedia.
Ketiga media iklan tersebut memiliki persyaratan yang lebih mudah dipenuhi ketimbang Google Adsense. Misalnya, pada VidGenX tidak disertakan persyaratan minimum viewer dan tidak ada kontrak pemasangan iklan. Untuk menggunakan alternatif media iklan ini, kamu hanya perlu memiliki akun PayPal sebagai kanal pembayaran komisi.
4. Dapat uang melalui Patreon
Patreon? Apa lagi tuh? 
Bagi yang belum tahu, Patreon merupakan platform crowdfunding untuk para konten kreator. Melalui situs Patreon, para kreator konten di YouTube dapat melakukan penggalangan dana dari para fans atau pendukung agar tetap bisa menghasilkan konten yang berkualitas. 
Pengguna Patreon umumnya mendonasikan uang dalam jumlah kecil, misalnya US$ 1 atau sekitar Rp 14 ribu. Namun, jika ada 100 atau bahkan 1000 orang yang berdonasi, jumlahnya jadi lumayan, bukan?
Sebagai imbal baliknya, pembuat konten YouTube alias YouTuber dapat membagikan konten eksklusif yang hanya dapat diakses oleh penggemar yang telah menyumbangkan dana di Patreon. 
5. Jualan melalui YouTube
Sebagai media sosial, YouTube juga punya potensi yang besar sebagai sarana promosi layaknya media sosial lain, seperti Facebook maupun Instagram. Jika kamu sukses melakukan program afiliasi atau mempromosikan produk dari brand tertentu, kenapa tidak mempromosikan brand-mu sendiri?
Dibandingkan menggunakan  foto atau video dengan durasi terbatas, seperti pada media sosial lain, kamu bisa lebih leluasa berkreasi dengan format video di YouTube. Misalnya, melakukan promosi label pribadi melalui konten film pendek atau serial sitkom yang menghibur. 
Gunakan kreativitas dan bangun ciri khas agar kontenmu bisa meraih banyak viewer dan subscriberserta barang yang dipromosikan laris terjual.
6. Kerja di YouTube Indonesia
Kalau dengan cara yang satu ini sih dijamin kamu pasti bisa dapat uang dari YouTube secara rutin. Apalagi kalau saat ini kamu memang sedang menganggur atau sedang mencari pekerjaan. 
Coba saja mampir ke situs pencari kerja seperti TimesJobs, JobsDb, atau Glassdoor, dan temukan lowongan YouTube Indonesia di sana. Atau, kunjungi akun LinkedIn YouTube Indonesia dan lamar lowongan yang tersedia langsung dari akun LinkedIn-mu. Bekerja di anak perusahaan Google ini pasti bisa mendapatkan penghasilan yang menggiurkan. 
Kesuksesan sejumlah YouTuber membuat orang berbondong-bondong ingin juga mengeruk untung dari YouTube. Tak dapat dipungkiri, YouTube memang memiliki potensi besar sebagai sumber mata pencaharian. Namun, bukan berarti jalan yang ditempuh pasti mulus dan instan. 
Justru, karena semakin banyak yang menjadi kreator YouTube, semakin ketat pula persaingannya. Maka, wajar jika kamu memerlukan waktu tak sebentar, bahkan bertahun-tahun untuk bisa mendapatkan banyak uang dari YouTube. 
Jadi, jangan pantang menyerah jika saat ini subscriber-mu belum seberapa. Jika konsisten meningkatkan kualitas konten video-mu, sedikit demi sedikit pundi-pundi rupiah pun bisa mengalir ke dalam rekeningmu.
Semoga berhasil!
Loading...
settia
Share on Google Plus

Tentang Kami Romadhon Online

Seword.Com - Special Word Media Adalah Sebuah Blog Online Yang Membahas Berbagai Macam Topik Atau Berita Yang Sumber Informasinya Berasal Dari Berbagai Media Online Terpercaya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar