7 Fakta Tentang Galileo Galilei, Bapak Sains Modern

SEW0RD.COM, SPECIAL WORDGalileo Galilei adalah seorang ilmuwan besar dalam bidang matematika, fisika, sains, filsuf dan astronomi. Penemuan dan teori-teorinya banyak digunakan dalam ilmu pengetahuan modern. Tidak berlebihan memang, mengingat kontribusinya dalam dunia ilmu pengetahuan sangatlah besar.
Galileo Galilei mempelajari semua jenis ilmu dan mengembangkan teori-teori yang dipelajarinya menjadi berbagai penemuan-penemuan yang menakjubkan. Tak heran apabila ia menjadi sosok yang sangat berpengaruh pada perkembangan dunia sains. Berikut adalah fakta-fakta tentang Galileo Galilei yang akan menambah wawasanmu

1. Ilmuwan yang berasal dari Italia

7 Fakta Tentang Galileo Galilei, Bapak Sains Modern
youtube.com/terlasz
Galileo Galilei lahir di Pisa, Toscana, Italia pada 15 Februari 1564 dari pasangan Vincenzo Galilei dan Guilia di Cosimo Ammannati dan merupakan sulung dari enam bersaudara. Ia sedari kecil menyukai belajar berbagai hal dan selalu merasa tidak puas atas pencapaian belajarnya. Pada tahun 1589 ia melanjutkan kuliah jurusan matematika di Universitas Padua setelah sebelumnya merasa tidak cocok mempelajari dunia kedokteran di Universitas Pisa. Pada masa-masa ini ia mempelajari berbagai teori-teori ilmu pengetahuan dan kemudian melakukan percobaan pada teori yang telah ia pelajari.

2. Penentang teori Aristoteles

7 Fakta Tentang Galileo Galilei, Bapak Sains Modernlabana.id
Teori Aristoteles yang menyatakan bahwa benda yang lebih berat jatuh lebih cepat dibandingkan benda yang lebih ringan, tidak serta merta dipercayai oleh Galileo, ia kemudian melakukan banyak eksperimen untuk menentukan kebenaran teori tersebut dan kemudian berkesimpulan bahwa teori tersebut salah. Ia menemukan fakta bahwa baik benda berat maupun ringan sama-sama jatuh dengan kecepatan yang sama kecuali sampai batas berkurangnya kecepatan karena pergeseran udara. Pada tahun 1604, Galileo secara terbuka menyatakan mendukung teori yang dikemukakan oleh Nicolaus Copernicus yang menyatakan bahwa bumi beserta planet-planet lain mengelilingi matahari.

3. Teori ayunan periodik bandul sebagai penemuan pertama

7 Fakta Tentang Galileo Galilei, Bapak Sains Modern
keepo.me
Teori ini secara tidak sengaja ditemukan oleh Galileo ketika mengikuti misa hari Minggu di gereja dan memperhatikan sebuah lampu gantung yang berayun. Kemudian ia kembali ke laboratoriumnya dan melakukan percobaan ayunan bandul dan menemukan bahwa berapapun panjang ayunan bandul, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan ayunan itu adalah sama lalu ia memasukkannya dalam sebuah rumus sederhana. Selanjutnya ia menerapkan teori itu dalam pembuatan jam yang teliti dengan menggunakan gelas pasir sebagai pengukur waktu.

4. Bukan penemu teleskop yang sebenarnya

7 Fakta Tentang Galileo Galilei, Bapak Sains Modernboombastis.com
Teleskop ditemukan oleh seorang pembuat kacamata dari Belanda bernama Hans Lipperhey. Meskipun Galileo sendiri bukan penemu teleskop sebenarnya seperti yang dikira oleh kebanyakan orang, namun ia memiliki andil yang besar dalam penyempurnaan teleskop dengan membuat pembesaran lensa pertama dibuat tiga kali pembesaran dan kemudian dikembangkan hingga tiga puluh dua kali pembesaran dengan kualitas bayangan yang lebih baik. Ia kemudian membuat banyak teleskop yang diperuntukkan bagi bidang pelayaran agar dapat melihat sesuatu dari jauh.

5. Penemu satelit planet Jupiter

7 Fakta Tentang Galileo Galilei, Bapak Sains Modern
phys.org
Dengan teleskop yang diciptakannya, Galileo kemudian mengamati benda-benda yang ada di tata surya. Ia kemudian dapat mengemukakan teori mengenai tata surya dan fisika secara lebih detail dan masuk akal. Penemuannya yang paling terkenal mengenai tata surya adalah satelit dari planet Jupiter. Jupiter yang dikenal sebagai planet terbesar ditata surya memiliki bintang-bintang yang mengelilinginya dan kemudian disimpulkan oleh Galileo sebagai satelit yang dimiliki oleh Jupiter.

6. Penemu hukum dasar fisika

7 Fakta Tentang Galileo Galilei, Bapak Sains Modernpredictionx.org
Penelitian tentang perbedaan kecepatan berat benda yang jatuh ke bawah dipengaruhi oleh sebuah sebuah gaya. Hukum fisika ini kemudian menjadi acuan Sir Isaac Newton untuk dikembangkan menjadi hukum newton di mana memerlukan besaran gaya untuk percepatan suatu massa benda. Teori fisika lainnya yang ditemukan oleh Galileo adalah tentang sifat-sifat zat yang dapat melebur dan dapat dibentuk dan diatur menjadi zat berbeda.

7. Tahanan seumur hidup

7 Fakta Tentang Galileo Galilei, Bapak Sains Modern
history.com
Karena mendukung teori Copernicus, Galileo ditentang oleh berbagai pihak. Ia menulis tentang teori tersebut dalam sebuah buku yang berjudul 'Dialogue Concerning of Two Chief World System'  yang membuat ia menerima hukuman tahanan rumah seumur hidupGalileo Galilei akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada 8 Januari 1642 setelah sebelumnya mengalami kebutaan.
Itulah beberapa fakta tentang Galileo Galilei beserta penemuan-penemuan besarnya yang memberikan sumbangan besar terhadap perkembangan dunia ilmu pengetahuan modern, semoga menambah wawasan.

Loading...
settia

Share on Google Plus

Tentang Kami Romadhon Online

Seword.Com - Special Word Media Adalah Sebuah Blog Online Yang Membahas Berbagai Macam Topik Atau Berita Yang Sumber Informasinya Berasal Dari Berbagai Media Online Terpercaya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar