Hati-Hati, Bahan Kimia di Pasta Gigi Bisa Picu Osteoporosis

SEW0RD.COM, SPECIAL WORD - Kandungan bahan kimia yang terdapat dalam pasta gigi disebut-sebut dapat memicu osteoporosis pada kaum hawa. Sebuah studi terbaru ini mengklaim bahwa perempuan yang terpapar senyawa triclosan terlalu banyak, lebih tinggi risikonya mengidap kerapuhan tulang.

Temuan ini didapat setelah peneliti dari Sekolah Kedokteran Hangzhou di Cina, melakukan analisis terhadap 1800 perempuan dewasa di Amerika Serikat. Dilansir dari NY Post, hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan lanjut usia yang terpapar kadar triclosan cukup tinggi berisiko memiliki tulang yang lebih lemah.

Peneliti utama studi ini, Yingjun Li, mengatakan bahwa selain dalam pasta gigi, bahan kimia pengganggu hormon ini biasanya juga digunakan dalam barang-barang rumah tangga seperti sabun, obat kumur, dan pembersih tangan dengan sifat antibakterinya. Selain itu, elemen jejak triclosan juga dapat ditemukan di pakaian, peralatan dapur, kosmetik dan mainan yang memiliki sifat anti bakteri.

"Kami telah mendeteksi bahwa kadar triclosan tertinggi dalam urin dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang yang lebih rendah pada tulang paha dan tulang belakang," imbuhnya.

Pada tahun 2016, Badan Pengawas Obat dan Makanan setempat melarang triclosan digunakan dalam sabun yang dijual bebas setelah tes pada hewan menemukan zat tersebut mengganggu hormon dan berkontribusi pada resistensi antibiotik.

Pada bulan April, FDA juga mengeluarkan peraturan yang melarang penggunaannya pada pembersih tangan di Amerika Serikat. Li mengatakan ini adalah studi pertama yang menyelidiki hubungan antara triclosan dan kesehatan tulang manusia.


Loading...
settia
Share on Google Plus

Tentang Kami Romadhon Online

Seword.Com - Special Word Media Adalah Sebuah Blog Online Yang Membahas Berbagai Macam Topik Atau Berita Yang Sumber Informasinya Berasal Dari Berbagai Media Online Terpercaya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar