Pertanyaan yang Muncul Ketika Melihat Penampakan Hantu yang Tertangkap Kamera

SEW0RD.COM, SPECIAL WORDMelihat konten penampakan hantu yang terekam kamera secara ‘live’ di YouTube dari channel para YouTuber spesialis pencari hantu, akan menimbulkan pertanyaan.

Terlepas dari sudut pandang memahami penampakan hantu dari bidang ilmu yang lain, tulisan ini hanya melihat fenomena penampakan hantu dari sudut pandang ilmu-ilmu eksakta. Di antaranya yang coba saya tulis di sini adalah dari sudut pandang Ilmu Fisika, Kimia dan Biologi.

Melihat konten penampakan hantu yang terekam kamera secara ‘live’ di YouTube dari channel para YouTuber spesialis pencari hantu, akan menimbulkan pertanyaan yang muncul begitu saja setelah kita belajar ilmu-ilmu eksakta di atas, setidaknya ketika sudah mempelajari materi pelajaran ilmu-ilmu tersebut sampai tingkat SMA. Sungguh, sesuatu yang melawan teori. Kok, bisa?
Dalam ilmu Fisika, diajarkan bahwa suatu materi dapat terlihat oleh mata manusia disebabkan karena materi tersebut bisa memantulkan cahaya atau malah merupakan sumber cahaya itu sendiri. Yang dimaksud cahaya disini adalah energi berbentuk gelombang elektromagnetik yang dapat diindera oleh mata manusia. yakni gelombang elektromagnetik dengan cakupan panjang gelombang sekitar 380 nm – 750 nm.
Dalam kalimat lain, materi akan terlihat oleh mata jika terdapat suatu sumber cahaya yang memancarkan gelombang cahaya mengenai suatu materi, dan materi tersebut memantulkan kembali gelombang cahaya tadi yang kemudian ditangkap dan diindera oleh mata manusia. Prinsip ini terbukti bekerja dan menjadi dasar untuk teknologi kamera modern.
Jika ada fenomena penampakan hantu yang bisa tertangkap kamera, mestinya karena penampakan yang dianggap hantu tersebut juga berwujud materi. Yang menjadi pertanyaan, mengapa materi hantu tersebut kemudian bisa lenyap? Hilang kemana?
Perlu digarisbawahi, yang menangkap penampakan tersebut adalah kamera. Bukan mata manusia. Jika hanya mata manusia, orang dengan mudah tidak akan percaya karena bisa jadi apa yang dianggap penampakan tersebut hanyalah halusinasi. Ditambah lagi, penampakan tersebut ada yang direkam kamera dan disiarkan secara langsung menggunakan sistem penyiaran dari Youtube, jadi kemungkinan konten video tersebut diedit terlebih dahulu sepertinya sangat kecil.
Sementara dari ilmu kimia kita tahu, suatu materi tersusun dari unsur-unsur dimana unsur-unsur yang sudah bisa diketahui manusia di dunia ini dicatat dan ditata rapi dalam suatu tabel yang kini kita kenal dengan tabel periodik Mendeleev. Jika dihubungkan dengan fenomena di atas, yang menjadi pertanyaan adalah terdiri dari unsur apa saja materi penampakan yang bisa menghilang tersebut? Apakah unsur-unsur dari materi penampakan tersebut sama dengan unsur-unsur materi yang kita kenal dalam dunia nyata? Apakah memang ada materi jenis lain yang bisa menghilang dimana susunan unsur-unsurnya belum diketahui manusia? dan jika dihubungkan dengan hukum kekekalan massa, kemana materi tersebut berpindah tempat?
Dari sudut pandang ilmu biologi, yang menjadi pertanyaan adalah tentang pemilihan bentuknya. Siapa yang tidak heran? Hantu memilih bentuk penampakan yang mempunyai organ-organ tubuh seperti manusia. Ini jelas aneh. Seperti kita ketahui, organ-organ tubuh mahluk hidup ada karena memiliki fungsinya masing-masing. Hidung misalnya, merupakan salah satu organ pernafasan yang berfungsi sebagai jalan untuk memasukkan udara dalam paru-paru untuk digunakan dalam proses respirasi. Terus kalau hantu punya hidung, buat apa hidung tersebut? Apakah juga untuk bernafas? Menghirup oksigen? Rasanya tidak mungkin. Bocor, dong.
Hantu genderuwo memilih bentuk penampakan seperti manusia yang kelihatan mempunyai bulu-bulu yang tebal. Apa fungsinya? Apakah juga untuk menjaga suhu tubuh dengan menahan dinginnya udara? Juga kelihatan ada mata yang menyala di kepalanya. Mata itu berfungsi untuk apa? Berfungsi untuk mengindera cahaya seperti halnya mata manusia atau malah merupakan sumber cahaya karena bisa menyala? Jika tampak kaki, kakinya buat apa? Kan bisa terbang. Mending terbang kan? daripada jalan, lebih cepet soalnya. Jadi sepertinya maksud hantu meniru bentuk manusia bukan karena fungsi organ tubuhnya. Hambok bentuk limas atau bulatan kan lebih simpel. Ya kan?
Jika hantu memang tidak berhubungan sama sekali dengan hal yang sifatnya fisik, mengapa hantu bisa tertangkap kamera dan selama ini dianggap menempati tempat-tempat dalam arti fisik juga? Rumah angker, pohon tua, jembatan angker, sumur tua dan sebagainya?
Kira-kira seperti itu beberapa pertanyaan yang muncul dari sudut pandang ilmu eksakta sehingga konten penampakan hantu di Youtube masih akan membuat orang penasaran.
settia
Share on Google Plus

Tentang Kami Romadhon Online

Seword.Com - Special Word Media Adalah Sebuah Blog Online Yang Membahas Berbagai Macam Topik Atau Berita Yang Sumber Informasinya Berasal Dari Berbagai Media Online Terpercaya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar