Tiongkok Siapkan Bulan Buatan di Area Urban

SEW0RD.COM, SPECIAL WORD - Pada tahun 2020, Tian Fu New Area Science Society berencana untuk meluncurkan bulan buatan untuk menerangi langit malam. Jika rencana berjalan lancar, bulan bertajuk Illumination Satellite akan mengorbit di atas kota Chengdu, Tiongkok.

Bulan buatan ini dilaporkan situs Astronomi akan bersinar bersamaan dengan bulan yang sebenarnya, meski diklaim akan bersinar delapan kali lebih terang. Organisasi ini menyebut bahwa akan meluncurkan tiga satelit lainnya pada tahun 2022 mendatang.

Satelit ini berpotensi untuk menggantikan penerangan lampu jalan di area urban. Rencana ini diumumkan oleh Wu Chunfeng, ketua dari organisasinya ini, di ajang konferensi inovasi di Chengdu pada tanggal 10 Oktober 2018 lalu.

Chunfeng menyebut bahwa satelit ini, yang akan diluncurkan dari Xichang Satellite Launch Center, akan mengorbit sekitar 300 mil atau sekitar 500 km di atas kota Chengdu dan menggunakan lapisan serupa cermin pada satelit ini untuk merefleksikan cahaya matahari ke bumi.

Menyuguhkan cahaya dengan cara yang sama, satelit ini memiliki satu keunggulan jika dibandingkan dengan bulan sebenarnya, yaitu dapat dikendalikan oleh manusia. Chunfeng menyebut bahwa baik lokasi dan tingkat kecerahan dari bulan buatan ini dapat diubah.

Bulan buatan ini juga dapat dinonaktifkan secara keseluruhan jika diperlukan. Dan memiliki karakteristik mobile, bulan buatan ini juga dapat membantu proses penyelamatan bencana dengan menyinari area yang mengalami pemutusan listrik.

Proyek bulan ini ditujukan untuk mengurangi biaya lampu jalan di kota dengan tingkat kesibukan tinggi di Tiongkok.

Dengan menyinari sekitar 50 meter persegi langit malam kota Chengdu, bulan berukuran kecil ini dapat menghemat biaya operasional kota sebesar USD174 juta (Rp2,4 triliun) per tahunnya.

Tiga bulan buatan yang akan diluncurkan di masa mendatang diklaim akan dapat mencakup area lebih besar. Ketiganya akan bertugas secara bergantian, berbasis pada arah hadap ke matahari, untuk memancarkan sinar ke jalanan kota.

Dengan bekerja sama, bulan buatan ini akan menyinari 3.600 hingga 6.400 kilometer persegi hingga 24 jam.

Loading...
settia
Share on Google Plus

Tentang Kami Romadhon Online

Seword.Com - Special Word Media Adalah Sebuah Blog Online Yang Membahas Berbagai Macam Topik Atau Berita Yang Sumber Informasinya Berasal Dari Berbagai Media Online Terpercaya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar